Sunday, October 31, 2010

analisis fitur-fitur atau menu layanan yang ada di Universitas Gunadarma

Sunday, October 31, 2010
analisis fitur-fitur atau menu layananJenis layanan yang terdapat di Universitas Gunadarma, antara lain:

BAAK Online, el-earning, studentsite, UG library, UG Open Course Ware, UG repository, UG helpdesk, UG staffsite, UG wartawarga, SAP, UG community, UG Career, UG seminar, UG news, UG lepkom, indopedia, bapsi, ilab, virtual class.

Anilisis fitur-fitur diatas adalah sebagai berikut:


BAAK Online



BAAK online adalah biro yang berisi berbagai macam info mengenai kegiatan KBM, administrasi dan akademik bagi seluruh mahasiswa ISD. Bagian yang terdapat di BAAK antara lain :

Bagian yang terdapat di BAAK antara lain :
  1. BAAK Fakultas (Ilmu Komputer, Ekonomi, Teknik Sipil & Perencanaan, Teknologi Industri, Psikologi, dan Sastra);
  2. Bagian Ujian Semester dan Bank Soal;
  3. Bagian Koordinasi Perkuliahan
    • Sub Bagian Jadwal Kuliah;
    • Sub Bagian Koordinasi Mata Kuliah dan Penasihat Akademik;
    • Sub Bagian Penghubung dan Pendamping Dosen.
  4. Bagian Monitoring Kuliah.
    • Sub Bagian Monitoring Kehadiran Dosen;
    • Sub Bagian Monitoring Kehadiran Mahasiswa.
Kelebihan: mahasiswa dapat dengan mudah mengakses berbagai info dan hal-hal lain mengenai  Universitas Gunadarma melalui layanan ini.


E-learning 

E-Learning adalah pembelajaran jarak jauh yang membutuhkan komputer dan terkadang jaringan internet, e-learning dapat dilakukan tanpa haru bertemu secara fisik antara pelajar dan pengajar. e-learning yang dilakukan dengan koneksi internet tentu saja dengan membuka situs tertentu, namun e-learning juga dapat dilakukan secara off-line atau tanpa jaringan internet yaitu melalui DVD atau CD yang berisi peajaran-pelajaran. Maka, setiap orang dapat mengakses dimanapun berada. Melalui sistem E-learning Universitas Gunadarma ini para dosen dapat mengelola materi perkuliahan secara on-line, yakni: menyusun SAP, meng-upload materi perkuliahan, memberikan tugas kepada mahasiswa, menerima pekerjaan mahasiswa, membuat tes/quiz, memberikan nilai, memonitor keaktifan mahasiswa, mengolah nilai mahasiswa, berkomunikasi dengan mahasiswa melalui forum diskusi dan chat, dll.

Mahasiswa dapat mengakses informasi dan materi pembelajaran, berinteraksi dengan sesama mahasiswa dan dosen, melakukan transaksi tugas-tugas perkuliahan, mengerjakan tes/quiz, melihat pencapaian hasil belajar, dll.



Kelebihan: pembelajaran dapat dilakukan dimanapun berada tanpa dipertemuan secara fisik. sehingga semua hal dapat dipermudah

Kekurangan: mahasiswa yang tidak memiliki akan kesulitan melakukan pembelajaran on-line karena tidak memiliki jaringan internet. mahasiswa yang tidak mempunyai laptop juga akan kesulitan melakukan pembelajaran ketika berada di tempat-tempat tertentu.



Studentsite 


studentsite adalah fasilitas berbasis web yang disebut sebagai locker elektronik. studentsite untuk saat ini diperuntukkan hanya kepada mahasiswa UG yang masih aktif. melalui fasilitas dipermudah mengetahui mengenai berita/info karena segala info dari UG akan dikirim ke studentsite. tugas-tugas atau bahan-bahan pembelajaran dari dosen pun dapat diterima melalui fasilitas ini. selain itu, melalui fasilitas ini mahasiswa dapat share mengenai banyak hal ke website-website seperti Warta Warga, blog komunitas perbankan, blog komunitas linux, blog komunitas fotografi, dll. melalui fasilitas ini juga mahasiswa dapat mengetahui mengenai info-info seminar, jadwal kuliah, jadwal ujian, rangkuman nilai, kalender akademik. mahasiswa dapat memasukkan tulisan yang kemudian akan di share ke Warta Warga. Lecture message adalah tempat masukknya pesan berupa tugas ataupun bahan pembelajaran dan hal lain. disini terdapat menu e-mail yang kapasitasnya 100MB.


kelebihan: mahasiswa dapat mengakses tugas dan hal-hal lain yang tersedia di studentsite dengan mudah, dimanapun dan kapanpun.
kekurangan: mahasiswa yang tidak memiliki jaringan internet akan kesulitan mengakses studentsite.


UG library

fasilitas ini berisi info-info mengenai keberadaan buku yang ingin dicari di perpustakaan milik Universitas Gunadarma, melalui situs ini juga bisa dilihat data peminjaman buku, pembuatan PI dan informasi lain yang berhubungan dengan perpustakaan Universitas Gunadarma.

kelebihan: melalui fasilitas ini kita dapat terlebih dahulu melihat ada atau tidaknya buku yang akan kita pinjam sebelum kita menuju ke lokasi. sangat mempermudah mahasiswa.





v-class

virtual class adalah fasilitas untuk mahasiswa mendapatkan pengajaran melalui media elektronik tanpa harus ada pertemuan secara fisik.

Kelebihan: mempermudah karna tidak harus bertemu secara fisik, mengefektifkan waktu 

Kekurangan: mahasiswa akan kesulitan jika mengalami beberapa kesulita saat pelajaran, karna tidak bisa bertanya secara langsung.




Ilab

Merupakan salah satu situs gunadarma untuk mengetahui jadwal-jadwal praktikum yang ada di universitas gunadarma.

Kelebihan: dapat mengakses jadwal dimanapun dan kapanpun.





BAPSI


Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI) merupakan unit struktural yang berada di tingkat universitas. Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI) merupakan salah satu unit struktural yang ikut mempunyai kontribusi dalam perencanaan, pengembangan, implementasi dan pemeliharaan fasilitas teknologi informasi di Universitas Gunadarma.

Fungsi dan wewenang BAPSI secara umum bersifat koordinatif bersama unit pelaksana dan unit terkait lainnya dalam peningkatan layanan informasi akademik dan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Kelebihan: mahasiswa dapat mengetahui informasi mengenai baps.




UG Helpdesk


Helpdesk ini ditujukan untuk mengoptimalisasi layanan di lingkup Universitas Gunadarma. Setiap keluhan/pertanyaan akan diberikan sebuah nomor komplain yang dapat gunakan untuk mengetahui progress dari helpdesk.


Kelebihan: fasilitas ini sangat membantu mahasiswa jika sewaktu-waktu ada mahasiswa mengalami masalah mengenai hal-hal yang berkaitan dengan fasilitas lain di Universitas Gunadarma.



UG Repository


repository system merupakan sistem penyimpanan produk teknologi, kegiatan ilmiah, dan hasil penelitian yang berbasis web. sistem tersebut dikembangkan dengan pendanaan dari Program Hibah Kompetisi (PHK) TIK K1 pada tahun 2007. sistem tersebut selanjutnya dikembangkan dan dikelola oleh Research Information Center, yang berada di bawah BAPSI dengan berkoordinasi dengan Lembaga Penelitian Universitas.


Kelebihan: fasilitas ini sangat membantu terutama saat pembuatan PI dan skripsi nanti.





UG Staffsite


staffsite berisi profil atau keterangan-keterangan informasi mengenai staf-staf di Universitas Gunadarma.

Kelebihan: fasilitas ini memudahkan mahasiswa untuk mencar informasi mengenai staf-staf Gunadarma.



UG Wartawarga


wartawarga berisi tulisan-tulisan atau informasi-informasi yang berasal dari mahasiswa Gunadarma itu sendiri. melalui fasilitas ini sesama mahasiswa bisa saling share informasi dan pengetahuan.

Kelebihan: wartawarga memberikan berbagai informasi menarik dan tulisan-tulisan yang menarik minat pembaca.




SAP

Satuan Acara Perkuliahan (SAP) ialah yang berisi pembagian materi suatu matakuliah tiap kali kuliah (setiap pertemuan). SAP berisi rincian materi kuliah setiap pertemuan kuliah dan berikut tujuan belajarnya serta buku-buku acuan untuk belajar. Yang dimaksud tujuan belajar ialah apa yang minimal dikuasai mahasiswa setelah mendapat materi perkuliahan.Setiap mata kuliah memiliki Satuan Acara Pengajaran (SAP) yang merupakan penjabaran secara rinci rencana perkuliahan. SAP tersebut harus memuat unsur-unsur sebagai berikut :

  • Kode, nomor, dan nama mata kuliah.
  • Kedudukan mata kuliah (Mata Kuliah Umum (MKU), Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK) dan Mata Kuliah Keahlian (MKK))
  • Semester dan tahun mata kuliah tersebut diajarkan.
  • Bobot kredit.
  • Tujuan mata kuliah.
  • Mata Kuliah prasyarat (bilamana perlu).
  • Nama pengajar.
  • Waktu dan tempat kuliah
  • Rincian acara perkuliahan dan bahan bacaan wajib dan anjuran.
  • Cara mengevaluasi proses belajar-mengajar.
kelebihan: sap dapat di temukan dengan mudah.




UG Community


UG community merupakan situs yang dibuat karena adanya kesamaan identitas, ingin berbagi, peduli dan partisipasi serta adanya minat yang sama, baik itu mahasiswa, alumni, dan sebagainya.

kelebihan: sangat baik untuk membuat mahasiswa yang begitu banyak menjadi kenal satu sama lain dan dapat berbagi informasi.




UG Career


situs ini berisi tentang job / pekerjaan yang ditawarka. Di sini berbagai informasi tentang karir/lowongan pekerjaan dapat kita lihat dan dapatkan informasinya.


Kelebihan: sangat membantu mahasiswa yang ingin mencari pekerjaan



UG Seminar


berisi informasi mengenai seminar-seminar yang ada di Universitas Gunadarma, melalui situs ini mahasiswa juga dapat langsung mendaftarkan diri.

Kelebihan: mempermudah mahasiswa untuk memperoleh informasi mengenai jadwal kegiatan seminar



UG News


UG News merupakan situs yang dibuat untuk mengetahui berita-berita terbaru yang ada di Universitas Gunadarma dan diluar Universitas Gunadarma.

Kelebihan: mahasiswa dapat dengan mudah mengetahui informasi-informasi terbaru yang sedang berkembang saat ini



UG Lepkom


Lembaga Pengembangan Komputerisasi Universitas Gunadarma (LePKom – UG) merupakan salah satu lembaga pengembangan di Universitas Gunadarma (UG) yang menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi mahasiswa di luar kegiatan kuliah dan praktikum. Kegiatan tersebut merupakan pembekalan materi kepada mahasiswa sebelum mereka lulus dari UG. Materi pendidikan dan pelatihan yang diberikan lebih dititikberatkan pada peningkatan ketrampilan dengan menerapkan teknologi informasi, komputer dan komunikasi dengan tetap menjaga konsistensi dan relevansinya dengan kurikulum Fakultas. Selain kegiatan pelatihan untuk mahasiswa, Lembaga ini juga mengadakan pelatihan teknologi informasi, komputer dan komunikasi bagi alumni atau instansi dengan menjalin kerjasama dengan UG.

Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan di LePKom-UG mengacu kepada kebijakan dan peraturan yang telah ditetapkan oleh Universitas Gunadarma. Materi pelatihan yang diberikan memiliki relevansi, kesinambungan dan konsistensi dengan kurikulum, mata kuliah, atau praktikum pada Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Pendidikan dan pelatihan di LePKom-UG lebih dititkberatkan pada peningkatan ketrampilan atau bersifat praktis dengan berbasis teknologi Informasi/komputer/komunikasi dan dilaksanakan di dalam laboratorium. LePKom menyediakan materi pelatihan dengan selalu mengikuti perkembangan teknologi di industri atau pasar tenaga kerja.

Luasnya bidang kajian yang terdapat pada fakultas ilmu komputer dan teknologi informasi, maka dalam menerapkan visi dan orientasi tersebut LePKom membentuk 6 (enam) laboratorium pengembangan yang terdiri dari :

1. Laboratorium Pengembangan Internet

2. Laboratorium Pengembangan Jaringan Komputer
3. Laboratorium Pengembangan E-Commerce
4. Laboratorium Pengembangan Database
5. Laboratorium Pengembangan Aplikasi dan Pemrograman Komputer
6. Laboratorium Pengembangan Perangkat keras




Indopedia

Indopedia merupakan suatu media atau portal informasi mengenai Indonesia. Disini anda dapat mencari dan memberi arah informasi yang berkaitan dengan Indonesia, mulai dari sejarah Indonesia, Geograifis, pemerintahan, flora dan faunal, dll.
Beberapa keunikan yang dapat anda gunakan pada UG Indopedia adalah:
1. InstantResponse , merupakan fasilitas pencarian seketika dengan model smart search artinya kami akan mulai mencari begitu anda mengetikkan keyword pada fasilitas InstantResponse.
2. Kemudahan mencari informasi. Indonesia sebagai negara kepulauan dengan kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat yang beraneka ragam namun tetap dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, mempunyai kekayaan ilokal dan informasi yang perlu terus dipublikasikan dan dikomunikasikan ke masyarakat- khususnya warga negara asing. Disini anda mendapatkan kemudahan dari kami menunjukkan arah yang tepat bagi informasi yang anda inginkan.
3. Kontribusi Konten dari Komunitas. Sehubungan dengan term “wikipedia” yang sering digunakan oleh masyarakat internet, maka disini pun anda dapat berkontribusi untuk menyumbangkan informasi-informasi yang berkaitan dengan Indonesia, diharapkan dengan sumbangsih informasi tersebut dapat membantu masyarakat luas yang membutuhkannya. Beberapa pemangku kepentingan yang sangat diperlukan kontribusinya adalah pihak pemerintah daerah atau instansi yang terlibat dalam kegiatan promosi Indonesia.
4. Penyediaan Sumber rujukan atau tautan terkait. Informasi pada UG Indopedia lebih banyak bersifat umum, namun tetap memberikan informasi yang dibutuhkan. Informasi lengkap tentang jenis informasi yang diperlukan akan dirujuk ke rujukan atau tautan atau link ke sumber informasi yang dikutip di UG Indopedia ini.

Kelebihan: di dalamnya terdapat semua berita tentang indonesia. Hal ini dapat menarik banyak mahasiswa untuk mempedulikan keadaan Indonesia atau sebagai forum untuk menemukan dan memecahkan masalah yang terjadi di Indonesia.



UG Open Course Ware


Merupakan situs yang berisi materi yang berkaitan dengan mata kuliah yang dapat diunduh secara gratis oleh mahasiswa. Sehingga mahasiswa dengan mudah mengetahui bahan yang akan dipelajarinya dalam sistem belajar-mengajar.

Kelebihan: situs ini sangat mempermudah mahasiswa untuk mengetahui materi sehingga mahasiswa dapat dengan mudah mengakses dam mempelajari bahan yang akan menjadi bahan ajaran sebelum diajarkan.







0 comments:

Post a Comment

Copyright © Halo!