Disusun Oleh :
Anjani Mega Wigayanti
Erna Rohmawati
Putri Ayu Setyarini
Rangga Sulistiyo Wardany
Tyka Novalini
4IA11
Diagram Alur Prosedur Mendirikan perusahaan
Blok Diagram Sistem Penggajian
1.
Aspek Keuangan
l
Aspek keuangan merupakan
aspek yang digunakan untuk menilai keuangan perusahaan secara keseluruhan.
l
Aspek keuangan memberikan
gambaran yang berkaitan dengan keuntungan perusahaan, sehingga merupakan salah
satu aspek yang sangat penting untuk diteliti kelayakanya.
l
Alat ukur untuk menentukan
kelayakan suatu usaha berdasarkan kriteria investasi dapat dilakukan melalui
pendekatan
-
Payback Period (PP)
-
Average Rate of Return (ARR)
-
Net Present Value (NPV)
-
Internal Rate of Return
(IRR)
-
Profitability Index (PI)
-
Break event point (BEP)
l
Secara keseluruhan,
penilaian dalam aspek keuangan meliputi hal-hal seperti:
-
Sumber-sumber dana yang
diperoleh.
-
Kebutuhan biaya investasi.
-
Estimasi pendapatan dan
biaya investasi, termasuk jenis dan jumlah biaya selama umur investasi.
-
Proyek neraca dan laporan
rugi laba
-
Kriteria penilaian investasi
-
Rasio keuangan untuk menilai
kemampuan perusahaan.
l
Sumber dana
-
Modal asing (pinjaman)
§
Pinjaman dari dunia
perbankan
§
Pinjaman dari lembaga
keuangan lain
§
Pinjaman dari perusahaan non
bank
-
Modal sendiri
§
Setoran dari pemegang saham
§
Dari cadangan laba
§
Laba yang belum dibagi
l
Biaya Kebutuhan Investasi
-
Biaya Pra-Investasi
§
Biaya pembuatan studi
§
Biaya pengurusan izin
-
Biaya aktiva tetap
§
Aktiva tetap berwujud * Aktiva tetap tidak
berwujud
·
Tanah - Hak cipta
·
Mesin - Lisensi
·
Bangunan - Merek dagang
·
Peralatan
·
Inventaris kantor
l
Biaya Kebutuhan Investasi
-
Biaya operasi
§
Upah dan gaji karyawan
§
Biaya listrik
§
Biaya telepon dan air
§
Biaya pemeliharaan
§
Pajak
§
Premi asuransi
§
Biaya pemasaran
§
Arus kas (Cash Flow)
-
Adalah jumlah uang yang
masuk dan keluar dalam suatu perusahaan mulai dari investasi dilakukan sampai
berakhirnya investasi tersebut.
l
Arus kas (Cash Flow) Adalah
jumlah uang yang masuk dan keluar dalam
perusahaan mulai dari investasi dilakukan sampai berakhirnya investasi.
l
Payback Period (PP) Adalah
metode penilaian terhadap jangka waktu pengembalian investasi suatu proyek atau
usaha.
l
Average Rate of Return (ARR)
Adalah cara mengukur rata-rata pengambilan bunga dengan cara membandingkan
antara rata-rata laba sebelum pajak dengan rata-rata investasi.
l
Net Present Value (NPV) Adalah
perbandingan antara PV kas bersih dengan PV investasi selama umur investasi.
l
Internal Rate of Return
(IRR) Adalah alat untuk mengukur tingkat pengembalian hasil intern.
l
Profitability Index (PI) Merupakan
rasio aktivitas dari jumlah nilai sekarang penerimaan bersih dengan nilai
sekarang pengeluaran investasi selama umur investasi.
Contoh :
¾
Tahun 2004, PT STIE
berinevestasi dengan modal sendiri Rp.5.000.000.000. Modal kerja
Rp.1000.000.000. Umur ekonomis 5th dan disusutkan tanpa nilai sisa.
Pengembalian tingkat bunga yang diinginkan 20%. Perkiraan laba setelah pajak
selama 5th: 950jt, 1100jt, 1250jt.1400jt dan 1650jt. berapa kas bersih yang
diterima diakhir tahun? PP? ARR? NPV? IRR? PI? Layak atau tidak?
¾
Penyusutan = (investasi-modal
kerja)/umur ekonomis
¾
Penyusutan =
(5.000.000.000-1.000.000.000)/5th = Rp. 800.000.000/th
1.
1. Tabel Cash Flow (000) Df 20% = 1/(1+t)n, 1/(1+0.2)1 , 1/(1+0.2)2…
Tahun
|
EAT
|
Penyusutan
|
Proceed
|
DF 20%
|
PV kas
bersih
|
2004
|
950000
|
800000
|
1750000
|
0.833
|
1457750
|
2005
|
1100000
|
800000
|
1900000
|
0.694
|
1318600
|
2006
|
1250000
|
800000
|
2050000
|
0.579
|
1186950
|
2007
|
1400000
|
800000
|
2200000
|
0.482
|
1060400
|
2008
|
1650000
|
800000
|
2450000
|
0.402
|
984900
|
Jumlah PV
kas bersih
|
6008600
|
Payback Period (PP) Adalah metode penilaian terhadap jangka waktu
pengembalian investasi suatu proyek atau usaha.
Bisnis dikatakan layak jika; Waktu pengembalian lebih kecil dari umur
ekonomi
Contoh :
2. Payback
Period? Umur inevestasi 5 th
¾
Tabel Cash Flow (000)
¾
Jika tiap tahun sama =
(investasi / kas bersih per th) x 1 th
¾
Jika tiap tahun beda = Investasi
= Rp. 5.000.000.000
¾
Proceed th 1 = Rp. 1.750.000.000 –
¾
=
Rp. 3.250.000.000
¾
Proceed th 2 = Rp. 1.900.000.000 –
¾
=
Rp. 1.350.000.000
PP =
(1.350.000.000 / 2.050.000.000) x 12 bln =
7,9 bln atau 8 bln. (2 tahun 8
bulan)
Berdasarkan
perhitungan diperoleh PP < umur investasi, maka proyek tersebut layak untuk
dijalankan.
2.
Aspek Pemasaran
Definisi Pemasaran :
Menurut AMA (American Marketing Association)
Pemasaran adalah proses perencanaan dan penerapan
konsepsi, penetapan harga dan distribusi barang, jasa dan ide untuk mewujudkan
pertukaran yang memenuhi tujuan individu dan organisasi
Strategi Pemasaran :
Strategi pemasaran ialah
suatu yang memungkinkan perusahaan memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya
dengan sebaik-baiknya untuk mencapai tujuan.
Langkah langkah :
a)
Menentukan pasar sasaran
b)
Menciptakan bauran pemasaran
c)
Perencanaan pasar yang
strategis
Perencanaan
Pemasaran :
Rencana pemasaran adalah proses penentuan
pendekatan komperhensif yang jelas kepada keinginan konsumen
Unsur yang diperhatikan:
a.
Riset Pemasaran
b.
Riset Penjualan
c.
Sistem Informasi Pemasaran
d.
Peramalan Penjualan
e.
Rencana Pemasaran
f.
Evaluasi
Produk
Spesifikasi Produk :
Spesifikasi
produk adalah variabel-variabel yang menjelaskan tentang hal-hal yang harus
dilakukan oleh sebuah produk.
Beberapa
perusahaan mengunakan istilah “kebutuhan produk” atau “karakteristik
engineering”. Perusahaan lain memberi istilah “spesifikasi” atau “spesifikasi
teknis” untuk menjelaskan variabel desain utama dari suatu produk.
Produk diklasifikasikan / dispesifikasikan dalam 2
kategori, yaitu :
1.
Produk Konsumen
Produk
yang dibuat untuk keperluan rumah tangga konsumen.
2.
Produk Perusahaan atau Produk Industri
Barang
yang dimaksudkan untuk membuat produk lain atau untuk penyediaan jasa dalam
perusahaan.
Contoh :
Bahan mentah, bahan manufaktur, instalasi,
perlengkapan operasi dan alat bantu
Produk
yang sukses:
n
Sukses menurut sudut pandang
investor
n
Sukses
–
Finansial
–
Brand image
n
Sukses
–
Produk harus memiliki fitur
dan bentuk yang oleh customers dipandang berguna, berdaya guna dan sangat
diinginkan.
–
Berdaya jual tinggi:
memberikan profit
5 Parameter penguji pengembangan produk
n
Kualitas produk
n
Ongkos produk
n
Waktu yang diperlukan untuk
pengembangan
n
Ongkos pengembangan
n
Kapabilitas pengembangan
Daur Hidup Produk
n Pengembangan
Produk, dimulai ketika perusahaan mendapatkan dan mengembangkan ide produk
baru.
n Pengenalan,
masa pertumbuhan penjualan yang berjalan lambat.
n Pertumbuhan,
masa penyerapan pasar yang cepat dan peningkatan laba.
n Kematangan,
masa percepatan penjualan menurun karena produk telah mencapai pembeli yang
paling potensial.
n Penurunan,
periode ketika penjualan mengalami penyusutan dan laba menurun tajam.
Dasar Penetapan
Harga
n Faktor
Internal
Faktor
internal yang mempengaruhi penetapan harga meliputi tujuan pemasaran, strategi
bauran pemasaran dan biaya.
n Faktor
Eksternal
Faktor
eksternal yang mempengaruhi penetapan harga meliputi pasar dan permintaan,
serta persepsi konsumen terhadap harga dan nilai
Tujuan Penetapan Harga Orientasi laba :
n Orientasi Laba :
1.
Mencapai target laba
2.
Meningkatakan laba
n Orientasi
penjualan :
1.
Meningkatkan volume penjualan
2.
Mempertahankan atau meningkatkan pangsa
pasar
Segmentasi dan Target Pasar
Melalui segmentasi
pasar, perusahaan berusaha untuk membagi pasar yang luas dan heterogen ke
segmen yang lebih kecil yang dapat dilayani lebih efisien dengan produk/jasa
yang pas dengan kebutuhan spesifik konsumen.
Beberapa
dasar segmentasi pasar :
a. Segmentasi
geografi
b. Segmentasi
demografi
c. Segmentasi
psikografi
d. Segmentasi
perilaku
Materi Sebelumnya :
Sumber :
- http://inside40.blogspot.com/2013/10/bentuk-bentuk-badan-usaha-beserta.html
- http://nunuknurlita.blogspot.com/2011/10/tugas-pengantar-bisnis-1-badan-usaha.html
- http://ssbelajar.blogspot.com/2012/08/badan-usaha-milik-negara-bumn.html
- http://kusaiguru.blogspot.com/2011/03/4-bentuk-bentuk-penggabungan-badan.html
- http://iqbalhabibie.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/3051 /Bab+4.+Aspek+SDM+dan+Organisasi.ppt
- http://iqbalhabibie.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/30517/8+_+Aspek+dan+Organisasi.ppt
- http://iqbalhabibie.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/31125/8_Aspek-Keuangan-1.pdf
- http://iqbalhabibie.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/31127/9_Aspek-Keuangan-2.pdf
- http://iqbalhabibie.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/30737/Minggu+6.Pemasaran.ppt
- http://iqbalhabibie.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/30735/6_Aspek-Pemasaran-1.pdf
- http://iqbalhabibie.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/30739/7_Aspek-Pemasaran-2.pdf
0 comments:
Post a Comment