Sunday, March 25, 2012

Analisa Web Indopedia

Sunday, March 25, 2012
Kali ini saya akan menganalisa salah satu website yang merupakan bagian dari domain gunadarma.ac.id. web ini merupakan suatu media atau portal informasi dan pengetahuan mengenai Indonesia. Website ini adalah  http://indopedia.gunadarma.ac.id/ . Website ini berisi informasi lengkap yang berkaitan dengan Indonesia dimulai dari sejarah, grografis, pemerintahan, flora dan fauna dan lain-lain. tampilannya adalah sebagai berikut :



Dapat dilihat diatas bahwa design web ini sangat sederhana dan tidak terlalu eye catching dengan paduan sedikit warna yang mayoritas sendu dan dua warna terang yaitu hijau muda dan orange, font standard dan sama untuk keseluruhannya. Namun dibalik kesederhanaannya ini web ini sangat memudahkan penggunanya untuk melakukan apa yang ingin Ia lakukan di website ini, seperti mencari dengan mudah dengan melihat bagian kiri yang merupakan bagian-bagian dari informasi yang ingin dicari, kemudian terdapat kotak yang bisa digunakan untuk mencari secara langsung, dan dapat merubah bahasanya menjadi bahasa inggris, dan kotak untuk sign in. Namun, pada saat bahasa dirubah menjadi bahasa Inggris, maka tampilan website akan menjadi seperti ini


Sangat disayangkan kategori yang awalnya tersedia menjadi tidak tersedia karena mungkin tidak terubah menjadi bahasa inggris. Dan meskipun saya menemui kotak untuk sign in namun saya tidak menemu menu untuk bisa sign up sehingga untuk bagian penampungan pengguna website ini dikatakan statis, atau mungkin yang bisa sign in hanya Dosen atau Orang penting lainnya. Selain itu, pengarahan link juga kurang sesuai, ketika saya masuk ke tab pertanyaan terbuka, di bagian paling atas saya melihat ada pengunjung bertanya mengapa pada saat ingin mencari 'gunung' di kotak fasilitas mencari, yang ditemukan justru pemerintah kota :


Meski demikian seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, web ini sangat Accesbility dimana pengertian dari Accessibility yang saya temukan disalah satu web adalah tingkat kemudahan bagi seseorang dengan kebutuhan yang berbeda dalam mengakses sebuah aplikasi melalui bantuan sebuah perangkat lunak ataupun perangkat keras yang biasa disebut dengan Assistive Technology (AT). Selain itu web ini sangat Usability, dimana pengertian Usability yang saya dapatkan dari wikipedia adalah "suatu istilah yang menunjukkan kemudahan manusia untuk menggunakan suatu alata atau objek buatan manusia lainnya untuk mencapai tujuan tertentu", dari pengertian itu tentu saja website ini sangat memenuhi, dengan navigasi dibagian kanan dan isi bahasan yang sangat berguna untuk pengetahuan.
Untuk keseluruhan, website ini dikatakan sebagai website dinamis, meskipun terdapat beberapa kekeliruan seperti contoh yang saya berikan sebelumnya ketika melakukan pencarian. Website ini dikatakan dinamis karena pada bagian kiri terdapat bagian yang berisi pertanyaan terpopuler dan juga pertanyaan terbaru sehingga dapat disimpulkan bahwa bagian itu akan selalu terupdate setiap kali ada pertanyaan masuk. Selain itu pada tab Ikut Kontribusi, para pengunjung dapat ikut memberikan pengetahuannya ke website ini, berikut tampilannya : 


Dengan demikian pengetahuan dari pengunjung akan terupdate di website ini. Melalui website ini, dapat diihat bahwa Universitas Gunadarma sangat ikut peduli dan ingin berkontrubusi untuk ikut memberikan saran masyarakat yang ingin menambah pengetahuannya mengenai Indonesia, dan memberikan fasilitas atau saran bagi masyarakat yang ingin ikut membagi pengetahuannya.

Demikian analisa saya mengenai website Indopedia ini, semoga membantu.



5 comments:

Ranggacun said...

nice posting , lengkap banget . Lumayan buat referensi . Tampilan desainnya juga bagus , yang membuat saya tertarik pada situs ini adalah pada menu pertanyaan terbuka . Pengunjung dapat berinteraksi dengan bertanya langsung apa yang ingin dicarinya . Hanya kekurangannya adalah menunggu jawabannya , apakah dijawab atau tidak , heheh

nitip lapak ya, sekalian main main ke blog ane

http://rangga-racun.blogspot.com/2012/03/mengulas-tentang-subdomain-yang-ada-di.html#comment-form

Sri Fitri Ningsih said...

wah lengkap banget . bagus cara pemilihan kata dan penyampaiannya pas sehingga tulisan anda terlihat menarik . dan juga saya baru tau kalo ada web indopedia gunadarma.

Puyu said...

*cool*

eRNa_Rohm5027 said...

woww.... penjelasan yang bagusss, rapih dan pintar dalam berkata-kata... jujur saya baru lihat ada web tersebut, tapi karena penjelasan anda saya jadi tidak terlalu bingung tentang web tersebut :)

Blognya Devita said...

saya rasa pemilihan topik yang bagus. untuk orang yang awam mungkin belum mengetahui keberadaan web ini, sangat mmemberikan informasi yang bermanfaat bagi orang yang menyukai hal-hal seperti ini

Post a Comment

Copyright © Halo!