Wednesday, January 23, 2013

rigging kaleng dengan software blender

Wednesday, January 23, 2013
Pada pembahasan mengenai desain grafis kali ini saya akan menjelaskan step-step dalam metode rigging. rigging adalah pembentukan tulang/ bone pada objek dengan maksud untuk membuat objek lentur dan dapat digerakkan sesuai dengan tulangnya. hal ini juga dapat membantu pembuatan animasi pada objek, sehingga objek dapat menggerakkan dirinya tidak terbatas maju mundur atau ke kanan dan kekiri.

saya akan me-rigging sebuah kaleng, pertama saya akan membauat sebuah kaleng dengan menggunakan circle dan cube berikut bentuknya :




untuk tahap pembuatannya, kita cukup membuat beberapa segmen dan menarik sesuai kebutuhan dengan menggunakan g, e 




  •  kita akan menyisipkan bones didalamnya, klik shift+a lalu pilih sebagai berikut : 
  • Pastikan bones berada didalam tengah kaleng.
  • Kemudian, jika kalengnya tidak terlihat atur properties bones dengan cara sebagai berikut :
  • Jika sudah terlihat, buat agar bones bertambah menjadi 4 dengan cara masuk ke edit mode, klik bones kemudian klik E dan drag, namun jika ingin membuat bones rata secara otomatis, klik E selanjutnya klik G dan X lalu drag, maka bones akan bertambah searah sumbu X seperti terlihat dibawah ini :
  • Setelah kita pilih kaleng dan bonesnya dengan masuk ke object mood lalu klik kanan pada kaleng dan shift + klik kanan pada bones. Jika bones dan kaleng sudah berwarna orange, klik CTRL+P dan pilih menu dibawah ini:
  • Jika sudah klik kanan pada bones dan ubah mode menjadi pose mode seperti dibawah ini :
  • Untuk menggerakkan kaleng, klik salah satu bones dan lakukan rotate, dengan r, maka hasilnya adalah :



sekian post saya mengenai rigging ali ini, sampai bertemu pada pembahasan lainnya. semoga bermanfaat :)

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Halo!