Friday, October 15, 2010

program sederhana java

Friday, October 15, 2010
berhubung gw kuliah jurusan IT, minggu lalu gw dapet tugas untuk bikin program java dengan perhitungan aritmatika. gw newbie banget masalah begini. tapi gw mau share lah sedikit-sedikit hehe. gw bakal jelasin juga pake gambar biar ga sepet bacanya. ok check this out ..

1.      Listing Program

Berikut ini adalah input yang saya berikan saat membuat program java dengan perhitungan aritmatika:

public class mariberhitung {
      public static void main(String[]args){
        int a,b,c,d,e,f;
        a=12;
        b=11;
        c=3;
        d=a+b;
        e=b-c;
        f=a/c;
        double g,h;
        g=8.2;
        h=g*g;
        float i,j,k;
        i=2/3f;
        j=3/4f;
        k=i*j;
        System.out.println("penjumlahan="+d);
        System.out.println("pengurangan="+e);
        System.out.println("pembagian="+f);
        System.out.println("perkalian="+h);
        System.out.println("perkalian pecahan="+k);
    }
}

2.      Output Program

      Setelah memberi perintah dibawah ini


       
     
      Lalu muncul hasil sebagai berikut:


3.      Logika Program

Agar lebih spesifik, saya akan menjelaskan dengan gambar sebagai berikut:

1
2

3


Penjelasan selanjutnya:

-       Pada gambar nomer 1 program dimulai dengan menuliskan “public class mariberhitung” pemanggilan class tidak boleh salah, harus sesuai dengan nama file yang telah kita save. Jika salah maka java tidak akan merespon.
-       Pada gambar 2 dapat terlihat ada penggunaan 3 tipe data yaitu int, double, dan float. Int diperuntukkan bagi bilangan bulat, lalu double diperuntukkan bagi bilangan desimal, dan float diperuntukkan bagi bilangan pecahan.
-       Kesalahan yang sering terjadi adalah tertinggalnya penggunaan symbol (;) yang merupakan pembatas antar baris. Jika symbol tersebut tidak disertakan maka akan terjadi error
-       Urutan terjadinya output selalu beruntun dari atas kebawah, slalu ada pemanggilan pemanggilan yang dilakukan. Saat pemanggilan tidak boleh ada kesalahan penulisan, jika sedikit saja kesalahan maka java tidak akan merespon, karena java sangat  sensitive.
-       Pada gambar nomer 3 penulisan “System” harus diawali huruf capital. Mungkin itu merupakan ketentuan dari java, karena jika digunakan huruf kecil keseluruhan maka akan terjadi error.

Ngga susah kok bikin itu, yang penting teliti. kalo bikin ini sih gw nyaman pake netbeans, soalnya setiap ada kesalahan
langsung ada alert nya. ga perlu runing dulu. jadi mempemudah

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Halo!