Wednesday, March 26, 2014

Penerapan Komputasi Modern pada Website Idhostinger

Wednesday, March 26, 2014
Kali ini saya akan mengidentifikasi penerapan komputasi modern pada sebuah website yang dimiliki oleh salah satu perusahaan penyedia hosting yaitu idhostinger. Sebelum masuk ke tahap identifikasi, saya ingin menjelaskan terlebih dahulu apa itu komputasi modern.

Komputasi sendiri bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Hal ini apa yang disebut dengan teori komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. selama tibuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas atau kapur dan batu tuls, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadng dengan bantuan suatu tabel. Namun saat ini kebanyakan komputasi telah dikakukan dengan menggunakan komputer. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa Komputasi Modern adalah perhitungan yang menggunakan komputer canggih dimana pada komputer tersebut tersimpan algoritma untuk menyelesaikan masalah perhitungan secara efektif dan efisien.


Komputasi Modern digunakan untuk memecahkan masalah antara lain untuk menghitung :
  1. Akurasi (big, floating point)
  2. Kecepatan (dalam satuan Hz)
  3. Problem Volume Besar (down sizing atau parallel)
  4. Modelling (NN & GA)
  5. Kompleksitas (menggunakan teori big O).

Komputasi modern memiliki 3 macam karakteristik diantaranya:
  1. Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
  2. Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
  3. Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.

Selain itu terdapat beberapa jenis komputasi modern yang perlu kita ketahui yaitu :
  1. Mobile Computing, atau lebih dikenal dengan komputasi bergerak ini memiliki kelebihan untuk memungkinkan kita berkomunikasi dan berpndah tempat dengan menggunakan jaringan tanpa kabel. Contohnya adalah PDA, laptop, smartphone.
  2. Grid Computing, komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah geografis, didistribusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelesaikan masalah komputasi skala besar.
  3. Cloud Computing, menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing "cloud computing adalah suatu paradigma dimana informasi secara oermanen tersimpan secara sementara di komputer (client) termasuk didalamnya adalah desktop, komputer, notebook, komputer tembok, handhled, sensor-sensor, monitor, dan lain-lain.

Dari penjelasan diatas saya menarik kesimpulan bahwa idhostinger merupakan website yang melakukan penerapan komputasi modern dengan jenis komputasi modern cloud computing. Hal ini dikarenakan website tersebut memberikan layanan Infrastructure as a service dimana layanan yang diberikan adalah dengan cara menyediakan komponen-komponen berupa software, hardware, dan jaringan yang dibutuhkan dengan harga tertentu dan penggunanya dapat melakukan instalasi aplikasi yang digunakannya pada infrastruktur tersebut.

Selanjutnya saya akan memberikan pendapat saya mengenai kelebihan dan kekurangan dari idhostinger ini.

berikut ini adalah tampilan awal dari website idhostinger



ini adalah tampilan dari tab web hosting, dimana didalamnya terdapat penjelasan-penjelasan dari jenis web hosting yang disediakan.





pada bagian server dijelaskan mengenai harga-harga server dengan berbagai macam kapasitas.


selanjutnya pada tab afiliasi website ini menjelaskan mengenai hadia-hadiah yang ia tawarkan bagi pengguna yang berhasil mengajak beberapa orang untuk ikut bergabung. hadiah yang ditawarkan disesuaikan dengan banyaknya orang yang berhasil diajak untuk bergabung.



pada tab order kali ini terdapat kolom untuk mendaftarkan diri, selain itu dijelaskan pula mengenai pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh para pengguna.



pada tab forum, para pengguna bisa mengeluarkan pendapat ataupun kritik serta pertanyaan yang bisa dijawab oleh pengguna lain ataupun oleh admin sendiri. singkatnya tab menyediakan tempat untuk berdiskusi.


pada tab contact terdapat penjelasan mengenai profil perusahaan dan penjelasan lainnya, selain itu juga terdapat kolom yang bisa digunakan untuk menyampaikan pesan melalui akun dan email ataupun dengan menelfon secara langsung.


Berikut ini adalah tampilan setelah login menggunakan akun yang telah dibuat:




Komentar:

Dilihat dari penjelasan diatas menurut saya tata letak pada website ini sangat jelas dan tidak membingungkan, hal ini penting karena bisa saja orang yang mengakses website ini tergolong awam dan tidak terbiasa dengan penggunaannya. Selain itu penjelasan mengenai harga yang ditawarkan serta spesifikasinya juga sangat jelas sehingga pengguna bisa dengan mudah memilih paket sesuai dengan kebutuhannya. Pengguna juga bisa dengan mudah berinteraksi dengan perusahaan mengenai pertanyaan maupun keluhan melalui website ini baik melalui forum ataupun melalui kolom komentar, dalam forum setiap pertanyaan juga dapat dengan cepat diresponse oleh admin.
Tampilan website dari bagian luar maupun bagian dalam setelah login juga cukup baik dan menarik, seperti setelah masuk ke dalam akun, perubahan yang cukup signifikan mengenai interface jika dibandingkan dengan 2012 saat saya pertama kali memiliki akun ini, sayangnya saya tidak memiliki capture dari interface sebelumnya.

Namun, dikarenakan fitur yang cukup banyak disertai dengan gambar-gambar dalam mengakses website ini terutama untuk masuk kedalam akun diperlukan koneksi internet yang cukup baik jika tidak maka akan dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengaksesnya. Selain itu fasilitas alih bahasa ke bahasa inggris hanya tersedia setelah masuk kedalam akun, ada baiknya jika fasilitas tersebut juga disediakan saat pertama mengakses website ini karena meski dimaksudkan untuk pengguna di indonesia namun yang mengakses mungkin saja pengguna yang tidak terbiasa dengan bahasa indonesia.




referensi:
http://www.idhostinger.com/
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan
http://sharemyexpi.blogspot.com/2013/06/arti-cloud-computing-beserta-kelebihan.html
http://safemode.web.id/artikel/teknologi/perkembangan-komputasi-modern
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi
http://teknologi.kompasiana.com/internet/2013/06/18/cloud-computing-570058.html

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Halo!