Tuesday, January 17, 2012

Perkembangan New Media, Dampak Social Network di Masyarakat dan Macam-macam Social Network

Tuesday, January 17, 2012
Perkembangan New Media

Seiring dengan perkembangan internet di dunia, semakin berkembang pula New Media yang ada saat ini. perkembangan ini juga diiringi dengan antusias masyarakat terhadap new media. Beberapa perkembangan new media yang sangat terasa adalah semakin banyaknya gadget-gadget yang memudahkan kita untuk mengetahui banyak hal. new media, dari kata new yang berarti baru dan media yang merupakan alat bagi kita untuk berinteraksi dan mengetahui macam-macam informasi yang ada. kemajuan ini harus diiringi dengan perkembangan penggunannya, kita harus sebanyak mungkin mendapatkan keuntungan atas perkembangan ini. semakin mudahnya informasi yang didapat membuat kita bisa semakin maju dalam banyak hal, jangan biarkan perkembangan ini justru membudaki kita untuk terpaku pada keadaan dan perkembangan yang semakin memudahkan, smartphone super canggih yang berisi gadget-gadget unggul bisa saja justru kita terbudaki oleh teknologi tersebut. jika dilihat dari beberapa kegunaannya ada beberapa social network yang merupakan New Media, seperti twitter yang kini banyak digunakan oleh berbagai macam sumber berita untuk memberikan informasi-informasi.



Dampak Social Network di Masyarakat

dampak positif dari social network:
  • mempermudah orang dalam mencari kerabat lama, dengan informasi yang cukup jelas dan nama yang lengkap, setiap hanya tinggal mencari kerabatnya melalui social network.
  • sumber informasi ter up-date. setiap orang dapa menginformasikan apapun yang dia tahu.
  • menambah teman. seseorang yang tidak saling kenal dapat saling mengenal melalui pertemanan di social network.
  • semakin dekat dengan kehidupan orang lain. setiap orang dapat menuliskan kejadian yang dia alami sehingga tidak perlu menanyakan kabar seseorang, cukup melihat status yang dia buat.
  • menyatukan banyak kalangan. mulai dari golongan paling tinggi sampai yang paling rendah mempunyai derajat yang sama di dunia social network.
dampak negaif social network :
  • informasi yang lengkap dan terkesan blak-blakan membuat seolah tak ada ruang privacy bagi setiap orang.
  • informasi yang berupa berita di social network terkadang berupa hoax namun dapat dengan cepat memprovokasi masyarakat.
  • selain menambah teman dapat juga menimbulkan perselisihan diawali dengan status-status yang dikira menyindir.
  • terkadang seseorang terlalu banyak menulis kegiatan yang ia lakukan sehingga dapat saja memancing kejahatan.
  • banyak perdebatan mengenai beberapa petinggi yang aktif di social network yang membuat masyarakat meragukan kinerjanya walaupun sebenarnya tidak saling berhubungan.


Macam-macam Social Network

  • twitter
twitter merupakan social network paling booming saat ini, selain banyak dapat dijumpai artis dan pejabat-pejabat, disini juga merupakan sumber informasi paling terbaru terlepas dari kebenarannya. selain itu twitter juga sangat mudah digunakan karena banyak situs yang mendukung penggunaan twitter baik melalui laptop, pc atau hp.

  • google plus
mirip seperti facebook namun dengan tampilan yang lebih menarik. belum banyak penggunanya tapi juga sangat berpengaruh terhadap kemajuan social network.

  • my space
lebih banyak digunakan oleh band-band atau penyanyi-penyanyi untuk mempromosikan dirinya. karena tampilannya sendiri yang khas.


ketiga social network diatas merupakan social network dengan tampilan yang saling berbeda namun memiliki tujuan yang sama dalam setiap penggunaannya.



0 comments:

Post a Comment

Copyright © Halo!